Daerah Istimewa Yogyakarta dikagetkan dengan guncangan gempa dengan kekuatan 4,2 skala richter pada 09.19 WIB. Gempa sendiri berpusat 20 kilometer Tenggara Kabupaten Bantul, dengan pusat gempa 8,1 Lintang Selatan dan 110.4 Bujur Timur dengan kedalaman 18 kilometer.
gempa jogja

Gempa Yogya 4,2 SR Senin 19 Maret 2012

"Gempa juga dapat dirasakan di DIY dan Jawa Tengah," kata Nana Nawangsari Staf observasi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Senin (19/3/2012).

Sementara, staf dan karyawan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta sempat terlihat berhamburan keluar dari gedung, karena merasakan kencangnya goncangan. "Ia tadi gempanya sangat terasa gempanya. Buat panik juga," kata staf UMY Dian.

Gempa Yogya 4,2 SR Senin 19 Maret 2012

Kedatangan Wakil Presiden
Gempa yang melanda Yogya tersebut bertepatan dengan kedatangan Wakil Presiden RI Boediono dalam rangka pembukaan "International Conference on Sustainable Innovation 2012" di UMY. Sebelumnya, kedatangan Boediono disambut aksi unjuk rasa yang dilakukan puluhan mahasiswa.

Demo tersebut mendapat penjagaan ketat dari aparat Kepolisian, sebagai antisipasi faktor keamanan. Namun gempa tak berpengaruh terhadap kunjungan Wapres di Yogyakarta.

Ini lah sekilas berita tentang Gempa Yogya 4,2 SR Senin 19 Maret 2012